SELAMAT DATANG MAHASISWA/I BARU

Home » Berbagi Ilmu » Xenta OS – Distro Linux Karya Anak Bangsa

Xenta OS – Distro Linux Karya Anak Bangsa

Sejarah Singkat

Xenta OS pada awalnya adalah Project sebuah Icons Theme yang di buat oleh Dindin Hernawan Sebagai Project hobbie. yang di publikasi ke situs gnome-look.org pertama kali pada 2017-01-24 09:25:16. kemudian terbenam keinginan untuk membuat sebuah sistem operasi distro linux. Projectnya dinamakan X7 OS . Semua didesign dari awal seperti themes, bootscreen, login screen.

Dindin Hernawan adalah pengguan setia Linux Mint sejak Masih Sekolah SMK. dan Mempunyai Keinginan sebuah sistem operasi buatan sendiri itu terbenam cita cita yang sudah lama dan baru terwujud saat ini. Hobinya Mengutak2 atik dan Mengulik Linux secara otodidak. itulah kenapa Xenta OS ini Basednya Linux Mint.

 

Latar Belakang

Xenta OS merupakan Distro Linux Lokal Indonesia yang berisikan perangkat lunak (software) yang dapat digunakan untuk keperluan desktop, laptop, dan notebook. Dilengkapi dengan berbagai pernak-pernik khas Indonesia, distro ini cocok digunakan untuk pengguna komputer di Indonesia.

Xenta OS  Pada Awalnya dikembangkan oleh Dindin Hernawan Sebagai Proyek Hobie dan Serius di Kerjakan dengan Senang hati. Xenta OS bisa didapatkan oleh siapa saja tanpa perlu membayar untuk mengunduhnya. Pengembangan Xenta OS dimaksudkan sebagai distribusi alternatif dalam menggunakan perangkat lunak yang bebas dan legal. Xenta OS menawarkan lingkungan kerja dengan Desktop Cinnamon yang mudah dalam penggunaan yang dilengkapi dengan Program Office, Desain Grafis, Multimedia, Pendidikan, Internet dan lain-lain.

 

Based Xenta OS

Untitled-1 copy

 

Xenta OS merupakan Turunan dari Linux Mint karena Xenta OS memiliki Repository sendiri. Lengkapnya Xenta OS Turunan dari Linux Mint Turunan dari Ubuntu Turunan Debian.

 

Tujuan

Xenta OS dikembangkan dengan  tujuan sebagai berikut :

  1. Sistem Operasi alternatif, perangkat lunak yang bebas dan legal.
  2. Menawarkan lingkungan kerja yang mudah dalam penggunaan (User Friendly).
  3. Menyertakan berbagai konten lokal khas Indonesia.
  4. Menyertakan berbagai aplikasi hasil karya para pecinta dan penggiat linux Indonesia.
  5. Didesain untuk digunakan secara online dan offline.
  6. Didesain untuk pengguna tingkat dasar, menengah dan Developer.
  7. Menyertakan program untuk keperluan Perkantoran, Multimedia, Desain Grafis, Pendidikan, Developer, Internet dan lain-lain.

Sekian pembahasan dari Distro Linux Karya Anak Bangsa

Nah jika kalian tertarik mencoba, bisa download langsung melalui web site resminya

SITUS RESMI XENTA OS